Persiapan Reakreditasi, BPM Gelar Simulasi Reakreditasi Prodi Magister Biologi

Jakarta (UNAS) – Dalam mempersiapkan reakreditasi Program Studi Magister Biologi dalam beberapa waktu mendatang, Badan Penjaminan Mutu Universitas Nasional menggelar simulasi reakreditasi bersama asesor eksternal dari Universitas Gadjah Mada Prof. Dr. Laurentinus Hartanto Nugroho, M.Agr pada Sabtu (26/08).

Dalam menyambut asesor eksternal yang dihadirkan dari Universitas Gadjah Mada Prof. Dr. Laurentinus Hartanto, Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M mengatakan bahwa simulasi asesor eksternal merupakan upaya perbaikan tahap akhir sebelum dilakukan submit data. “Sebelum di submit atau di upload datanya sudah direvisi sehingga bisa memiliki nilai yang maksimal. Dengan hadirnya asesor eksternal ini kita bisa bersama-sama mendapat pencerahan dalam mengolah data dan laporan supaya mencapai tujuan akreditasi A atau unggul”, paparnya.

Terkait dengan simulasi reakreditasi eksternal tersebut, Dekan Fakultas Biologi dan Pertanian Dr. Tatang Mitra Setia, M.Si menyampaikan akan berupaya semaksimal mungkin untuk mensukseskan upaya mendapatkan akreditasi Unggul. “Semoga dengan simulasi ini, hasilnya bisa sesuai dengan harapan kami yaitu unggul. Kami akan berupaya maksimal untuk hasil yang lebih baik”, ungkap Tatang.

Kehadiran asesor eksternal dalam simulasi reakreditasi Prodi Magister Biologi guna memeriksa dan mengoreksi secara teliti dan menyeluruh isian laporan yang telah disiapkan oleh tim akreditasi sehingga dalam mempersiapkan akreditasi real, agar pada saat asesmen lapangan bisa menyediakan secara cepat dan tepat data yang dibutuhkan oleh asesor.

Hal tersebut disampaikan oleh Prof. Dr. Laurentinus Hartanto Nugroho, M.Agr di Ruang Seminar UNAS bahwa dalam menyajikan borang atau data akreditasi ada Sembilan kriteria yang harus diperhatikan. “Kita singgung dan tonjolkan Sembilan kriteria tersebut, jadi harapan saya ketika membaca LED asesor sudah ada gambaran. Tidak lupa juga untuk terus memperhatikan kualitas dan kuantitas Prodi”. Tutupnya.

Salah satu tujuan simulasi reakreditasi sendiri adalah untuk mendorong tim akreditasi Prodi Magister Biologi agar terus menyiapkan dan menyajikan data sebaik mungkin.

Dalam kegiatan ini, juga turut dihadiri asesor internal Unas Prof.Dr. Retno Widowati, M.Si dan Kepala Badan Penjaminan Mutu Unas Dr. Muhani, S.E., M.Si.M. (TIN)

Source : Persiapan Reakreditasi, BPM Gelar Simulasi Reakreditasi Prodi Magister Biologi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + 9 =