Badan Penjaminan Mutu Adakan Simulasi Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi Program Studi Di Lingkungan UNAS

Jakarta (UNAS) – Untuk mewujudkan perguruan tinggi atau program studi mencapai Akreditasi Unggul, perguruan tinggi maupun program studi harus secara aktif membangun sistem penjaminan mutu internal.

Guna membuktikan bahwa sistem penjaminan mutu internal telah dilaksanakan dengan baik dan benar, Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Nasional (Unas) mengadakan Simulasi Intrumen Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (IPEPA) Program Studi pada Senin, Selasa, Rabu dan Jumat (12,13,14 dan 16) di ruang Seminar Blok 1 Lt. 3.

Dalam sambutannya, Kepala Badan Penjaminan Mutu UNAS Dr. Muhani, SE., M.Si.M., menyampaikan bahwa simulasi dan evaluasi bertujuan untuk memberikan pengarahan mengenai aspek atau penilaian instrumen akreditasi untuk mencapai akreditasi unggul.

“Mengingat banyaknya aspek atau penilaian instrumen akreditasi, perguruan tinggi tidak dapat mengantisipasi jatuhnya beberapa poin akreditasi pada beberapa instrumen tertentu, dengan kegiatan ini diharapkan program studi akan lebih mudah menyusun data-data yang sesuai dengan indikator dari BAN-PT maupun LAM,” paparnya.

Pada hari pertama, Simulasi dan Evaluasi BPM dilakukan dengan Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNAS. Menurut Dekan FISIP UNAS Dr. Erna Ermawati Chotim, M.Si., dari catatan yang akan diberikan oleh BPM, bisa mempermudah Prodi Ilmu Komunikasi untuk melengkapi data-data yang belum sesi dengan indikator penilian.

“Dari hasil simulasi dan evaluasi ini, catatan-catatan terkait dengan hal-hal yang belum atau yang sudah memenuhi indikator IPEPA, prodi komunikasi bisa saling bersinergi untuk memperbaiki jika ada penemuan terkait indikator yang belum memenuhi,” jelasnya.

Kegiatan simulasi dilanjutkan pada hari kedua dengan Program Studi Sastra Indonesia, Program Studi Pariwisata pada hari ketiga, serta Program Studi Magister Ilmu Politik pada hari terakhir.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Unas, Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A. M.M., mengatakan, pemantauan atas pemenuhan syarat Peringkat Akreditasi ini dimaksudkan untuk perpanjangan berlakunya akreditasi yang telah ditetapkan, tanpa melalui permohonan perpanjangan akreditasi.

“Pemantauan ini dilakukan sekurangnya satu kali dalam lima tahun, dan dilakukan paling lambat satu tahun sebelum jangka waktu peringkat akreditasi berakhir,” jelasnya dalam simulasi IPEPA Program Studi Magister Ilmu Politik, Jumat (16/12).

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Implementasi SPMI dan SPME BPM Unas, Ir. Endah Tri Esti Handayani., M.M.S.I. mengatakan, adapun poin yang dinilai ialah mahasiswa baru, dosen tetap, dosen tidak tetap, rasio dosen, jumlah lulusan, jabatan akademik, kelulusan tepat waktu, serta keberhasilan studi.

“Karena dibutuhkan satu tahun untuk melakukan pemantauan, maka kita harus membuat timeline sebagai acuan evaluasi. misalnya, masa kadaluarsa S2 Ilmu Politik itu pada tanggal 14 Mei 2024, maka penarikan data IPEPA oleh BAN PT akan dilakukan pada 14 Mei 2023. Sebelumnya, kita akan melakukan rapat koordinasi perbaikan data IPEPA pada Januari 2023, perbaikan data IPEPA pada Februari 2023, serta simulasi setelah perbaikan data indicator IPEPA pada Maret 2023,” tuturnya.

Turut hadir dalam Simulai Akreditasi dan Evaluasi ini, Kepala Biro Administrasi Sumber Daya Manusia Unas Dr. Edi Sugiono, S.E., M.M, Kepala Biro Administrasi Akademik Dra. Sri Handayani, M.Si, Kepala Badan Pengelola Sistem Informasi. (NIS)

Sumber Source : BPM Adakan Simulasi dan Evaluasi Akreditasi Program Studi Di Lingkungan UNAS

73 thoughts on “Badan Penjaminan Mutu Adakan Simulasi Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi Program Studi Di Lingkungan UNAS”

  1. M.Raihan Desma

    Menurut saya cukup bagus dengan di adakan ny simulasi ini karena utk mencegah beberapa kesalahan yg terjadi di lapangan

  2. Priscila Eny Dwi S

    Semoga kegiatan Simulasi Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi Program Studi Di Lingkungan UNAS yang bertujuan untuk memberikan pengarahan mengenai aspek atau penilaian instrumen akreditasi untuk mencapai akreditasi unggul tercapai.
    Dan semoga program studi akan lebih mudah menyusun data-data yang sesuai dengan indikator dari BAN-PT maupun LAM,

    BPM sukses selalu…. Amin.

  3. ANIS JIHAN HAMIDAH

    Pengevaluasian perlu dilakukan agar dapat meningkatkan mutu kualitas akreditasi universitas

  4. Lia Wulandari

    Keren BPM UNAS, dengan melakukan pemantauan dan evaluasi terkait akreditasi Universitas sebagai bentuk penjaminan mutu internal. Dengan akreditasi yang baik menjadikan kami semakin bangga dengan kampus UNAS dan mahasiswa baru akan semakin tertarik berkuliah di UNAS.

  5. Fahra Nabilla Putri

    menurut saya simulasi pemantauan dan evaluasi pada peringkat cukup jelas. peringkat pada semua fakultas di universitas nasional seharusnya bisa meningkat menjadi lebih baik lagi.

  6. Fazriah Melinasari

    Menurut saya sistem simulasi ini sangat berguna untuk memberikan pengarahan dan perbaikan jika ada penemuan terkait indikator yang belum memenuhi, baik mengenai aspek ataupun penilaian instrumen akreditas guna mencapai akreditasi yang unggul.

  7. aulia nur ridha

    Dengan adanya kegiatan pemantauan dan evaluasi dapat menambah citra yg baik untuk akreditasi pada progam studi yang ada di Unas

  8. RINI ARIYANI .

    Kegiatan yang sangat bermanfaat untuk UNAS dari BPM guna memberikan pengarahan mengenai aspek atau penilaian instrumen akreditasi untuk mencapai akreditasi unggul.

  9. Herdiyana Br Sinulingga

    Semangat untuk Bapak & Ibu team BPM UNAS
    Semoga UNAS dapat terus mempertahankan akreditasnya dan mencetak penghargaan-penghargaan terbaik
    Amin..

  10. Dheazalfa Sukmarini

    continued success for my campus, semoga berjalan dengan lancar karena Akreditasi Program Studi sangat berpengaruh sekali ketika sudah memasuki dunia kerja dan perusahaan perusahaan besar.

    Best Regards,
    Dheazalfa Sukmarini

  11. Citra Aprillia Widiastuti

    Menurut saya Simulasi Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi Program Studi Di Lingkungan UNAS sudah cukup jelas karena evaluasi yang dilaksanakan BPM UNAS untuk memberikan arahan mengenai aspek atau akreditasi demi mencapai akreditasi unggul setiap fakultas atau program studi nya.

  12. menurut saya bagus di adakannya simulasi pemantauan dan evaluasi agar kedepannya lebih baik lagi

  13. Anistya Palupi

    Dengan mengadakan simulasi pemantauan dan evaluasi peringkat akreditasi prodi di lingkungan UNAS, BPM membuktikan bahwa sistem penjaminan mutu internal telah dilaksanakan dengan baik dan benar. Bravo BPM!

  14. Kamila Diva Ramadiani

    dengan adanya badan penjaminan mutu sangat bagus Untuk mewujudkan perguruan tinggi atau program studi mencapai Akreditasi Unggul, perguruan tinggi maupun program studi harus secara aktif

  15. Afilya Nur Assyifa

    Menurut pandangan saya, terkait dengan simulasi pemantauan dan evaluasi peringkat akreditasi tentunya dapat memberikan pengarahan dan perbaikan pada setiap fakultas guna mencapai akreditas yang unggul dan mampu dapat bersaing dengan universitas lainnya.

  16. Aurelia Salsamia

    sukses selalu untuk BPM atas diadakannya Simulasi Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi Program Studi Di Lingkungan UNAS, sukses juga untuk UNAS, jaya jaya jaya!!!

  17. Bela Amalia

    Sukses dan lancar untuk BPM,semoga Simulasi Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi Program Studi Di Lingkungan UNAS ini dapat menjadikan unas yang lebih unggul dan dapat mempermudah semua program studi untuk menyusun data-data yang sesuai .

  18. Dea Sagita

    bagus sekali, UNAS mengadakan Simulasi Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi Program Studi bangga bisa menjadi bagian dari unas, kampus yang selalu bisa me upgrade dan selalu mau berkembang untuk mempertagankan Akreditasi. semangatt

  19. Putri Wulandari

    Sukses selalu BPM UNAS, dengan adanya simulasi simulasi tersebut maka Unas akan terpantau terus akreditasinya.

  20. Arrum Kulsuma Wardhani

    Menurut saya sangat bagus karena dengan adanya kegiatan evaluasi dan pemantauan dapat menambah minat dan citra yang baik pada semua program studi yang ada di Universitas Nasional.

  21. Ezra Rifaldy

    semoga lebih maju lagi, tetap konsisten dalam mempertahankan mutu dan akreditas UNAS

  22. Putri Wulandari

    Sukses selalu bpm unas. Dengan adanya simulasi tersebut maka akan meningkatkan kualitas akreditasi akreditasi yang ada di Unas.

  23. sarah ismatul khalidah

    menurut saya dengan mengadakan sistem simulasi ini dapat memberikan dampak positif sehingga bisa memberikan pengarahan mengenai aspek atau penilaian instrumen akreditasi untuk mencapai akreditasi unggul.

  24. Ayu Septiani Fauziyah

    Menurut saya sudah bagus karena dengan ada nya kegiatan pemantauan dan evaluasi tersebut dapat menambaj citra yang baik untuk akreditasi pada program studi yang terdapat di Universitas Nasional.

  25. Halimatussa'diah

    Saya setuju dengan peningkatan tersebut nama baik universitas akan menjadi lebih baik.

  26. DYAH OCTAVIA HANDAYANI

    Dengan adanya BPM UNAS ini akan mempermudah pemantauan dan pengevaluasian mengenai peringkat akreditasi program studi yang ada di UNAS. Hal ini akan memberikan dampak positif agar masyarakat luas mengenal UNAS dan mendongkrak masyarakat untuk tertarik berkuliah di UNAS. Sukses selalu untuk BPM UNAS!

  27. Adela Mualfa

    Menurut saya di adakannya simulasi sangat berguna untuk memberikan pengarahan mengenai aspek atau penilaian instrumen akreditasi untuk mencapai akreditasi unggul.

  28. Verly Defrinta

    Sukses selalu untuk UNAS, akreditasi ini sangat penting sekali untuk menjamin kualitas dan mutu dari lulusan Universitas Nasional.

  29. Mutiara Asyfa

    Semoga Simulasi Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi Program Studi Di Lingkungan UNAS lancar untuk programnya, sukses dan lancar untuk BPM

  30. Muhammad Dandy Prasetyo

    dengan diadakan kegiatan tersebuat sangat penting sekali bagi universitas. karena selain tujuan-tujuannya yang telah disebutkan diatas simulasi dan evaluasi ini dapat memelihara dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara berkelanjutan, yang dijalankan secara internal untuk mewujudkan visi dan misi

  31. Putri Puji Lestari

    Semoga denga adanya sistem penjaminan mutu internal yang telah dilaksanakan dengan baik dan benar menjadikan UNAS menjadi lebih baik.

  32. Menurut saya, Simulasi Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi Program Studi Di Lingkungan UNAS sudah cukup jelas untuk mewujudkan perguruan tinggi ataupun program studi mencapai Akreditasi Unggul untuk membuktikan bahwa sistem penjaminan mutu internal telah dilaksanakan dengan baik dan benar. Selain itu simulasi dan evaluasi ini bertujuan untuk memberikan pengarahan mengenai aspek atau penilaian instrumen akreditasi untuk mencapai akreditasi unggul.

  33. Diky Andrian

    Aslidah keren banget BPM UNAS, ngelakuin pemantauan + evaluasi mengenai akreditasi UNAS sebagai penjamin mutu internal. Akreditasi yang makin baik, menjadikan saya makin bangga sama UNAS dan penerimaan MaBa makin tertarik sekolah di UNAS 🙂

  34. Devy rismawati

    terus semangat bapak/ibu untuk pemantauan dan evaluasi peringkat akreditas kampus, semoga kampus unas menjadi kampus terbaik, semakin maju, fasiilitas semakin memadai untuk para mahasiswa/mahasiswi dan bapak/ibu dapat memberikan cara meninggikan dan memajukan nama baik kampus universitas nasional kedepannya.

  35. semoga simulasi kedepannya dapat memperbaiki jika ada penemuan terkait indikator yang belum memenuhi

  36. Semoga sukses dan lancar selalu BPM UNAS atas programnya.
    Dalam mencapai Akreditasi Unggul, perguruan tinggi membangun sistem penjaminan mutu internal dalam lingkungan UNAS.

  37. Aurellia Safina

    Pentingnya mengadakan Simulasi Intrumen Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (IPEPA)
    untuk membuktikan bahwa sistem penjaminan mutu internal telah dilaksanakan dengan baik dan benar , serta bertujuan untuk memberikan pengarahan mengenai aspek atau penilaian instrumen akreditasi untuk mencapai akreditasi unggul.

  38. Reyza Ardian

    Wah, artikel ini sangat bermanfaat bagi saya, terima kasih pihak BPM telah membuat artikel ini.

  39. Rizal Eka Kurniawan

    sangat bagus di adakannya Simulasi Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi Program Studi karena untuk menjamin mutu yang bertahan dan meningkat dan membuktikan bahwa sistem penjaminan mutu internal telah dilaksanakan dengan baik dan benar

  40. Rahma Akta

    Dengan diadakannya kegiatan ini, semoga unas makin baik dan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Maju terus Unas!!!!

  41. menurut saya sistem simulasi sangat membantu untuk memberikan pengarahan dan memperbaiki jika ada penemuan terkait indikator yang belum terpenuhi, baik dari segi aspek maupun dalam evaluasi perangkat akreditasi untuk mencapai akreditasi unggul.

  42. MUHAMMAD FAUZAN AZIMA HIBBAN .

    Memang setelah saya tela’ah, bahwasannya unas ini semakin hari semakin berkembang mutu nya. Smoga kedepannya masuk menjadi kampus terbaik seindonesia

  43. Aisyah Nuur Hadini

    Menurut saya adanya pemantauan dan evaluasi peringkat akreditasi program studi di lingkungan UNAS sudah cukup jelas untuk mewujudkan Fakultas atau program studi mencapai akreditasi unggul untuk membuktikan bahwa sistem ini telah dilaksanakan baik dan benar. Tujuan simulasi dan evaluasi untuk memberikan penilaian akreditasi yang unggul dan Mampu bersaing dengan mahasiswa perguruan tinggi lain

  44. Hilman nur iqbal

    Menurut saya simulasi dan pemantauan dan evaluasi pada peringkat cukup jelas,kedepanny semoga lebih baik

  45. hazanah naswa nadira

    adanya peningkatan evaluasi mutu akreditasi di universitas nasional sangat bagus sekali karena agar bisa mewujudkan perguruan tinggi atau program studi mencapai Akreditasi Unggul, perguruan tinggi maupun program studi harus secara aktif membangun sistem penjaminan mutu internal.

  46. kaliza putri maharani

    menurut saya pemantauan atas pemenuhan syarat Peringkat Akreditasi ini bisa dilakukan dengan tujuan untuk menjamin kualitas dan mutu dari lulusan dari perguruan tinggi tersebut. Peningkatan sistem pengelolaan kampus, penentuan kurikulum juga bisa membantu menaikan akreditasi kampus tersebut

  47. Farhani Kurniayu

    dengan adanya akreditasi simulasi di lingkungan Universitas Nasional ini, Akreditasi ini sangat penting sekali untuk keberlangsungan lembaga itu sendiri. Salah satunya untuk menjamin kualitas dan mutu dari lulusan dari perguruan tinggi tersebut.

  48. Dalam rangka kegiatan rapat ini sangat bermanfaat sekali untuk menjadi acuan pelaksanaan pada semua kegiatan kegiatan yang dilakukan dilingkungan universitas nasional.

  49. Bintangseza

    Menurut saya simulasi pemantauan dan evaluasi peringkat sudah cukup jelas. Pemeringkatan seluruh fakultas di perguruan tinggi nasional harus ditingkatkan lagi.

  50. M. Ilham Nur rofiq

    Menurut saya universitas nasional bisa mempertahankan akreditasi A itu sudah sangat bagus. Karna unas mampu bersaing dengan universitas swasta lainnya, sukses selalu universitas nasional

  51. Hagaita bania

    Menurut saya bagus ,karna setiap universitas perlu untuk nilai akreditasi agar calon mahasiswa nya dapan memilih universitas terbaik dan progam studi yang baik

  52. menurut saya, sistem simulasi ini sangat bermanfaat untuk memberikan pengarahan atau penilaian yang baik dan benar. tujuan dari diadakannya simulasi ini untuk membangun sebuah perguruan tinggi Universitas Nasional memiliki akreditasi yang unggul.

  53. Marchlife Bacas

    Menurut saya kebijakan yang dilakukan BPM sangat penting dilakukan karena Akreditasi ini sangat penting sekali untuk keberlangsungan lembaga itu sendiri. Salah satunya untuk menjamin kualitas dan mutu dari lulusan dari perguruan tinggi tersebut.

  54. BPM UNAS semakin maju dalam perkembangan mutu pendidikan yang jauh lebih baik dari sebelumnya

  55. DEBY SITI NURVIANA . 223402516251

    Menurut saya simulasi pemantauan Evaluasi Peringkat Akreditasi Program Studi Di Lingkungan UNAS sangatlah bermanfaat karna sistem ini juga sangat berpengaruh terhadap perguruan tinggi Universitas Nasional agar memiliki akreditasi yang lebih unggul.

  56. Putri Yon Viona

    Menurut saya, dengan diadakannya sistem simulasi ini dapat memberikan dampak positif sehingga dapat memberikan pengarahan mengenai penilaian instrumen untuk mencapai akreditasi unggul.

  57. Nikentantri

    Keren banget BPM UNAS, mengadakan kegiatan yang bermanfaat untuk pemantauan dan evaluasi terkait akreditasi Universitas

  58. Muhammad syafiq

    Muhammad syafiq
    Npm 223402516258

    Menurut saya… tugas bpm untuk memantau peringkat akreditasi di lingkungan Unas bagus… supaya Unas bisa bersaing dengan universitas lainnya..good luck

  59. Alif Fajar Fathurrahman

    Menurut saya sangat bagus diadakan simulasi pemantauan dan evaluasi tersebut agar dapat mewujudkan perguruan tinggi atau program studi dengan Akreditasi Unggul

  60. Sukses selalu BPM UNAS, simulasi yang di laksanakan membuat akreditasi Unas lebih baik.

    Merdekaa

  61. ahmad fairuz

    menurut saya sangat bagus untuk mahasiswa unas dan menambah mutu universitas nasional

  62. Bayu Adrianto Pamungkas

    Semoga unas bias mempertahankan akreditasinya dan menjadikan universitas yang unggul didunia Pendidikan, selalu konsisten dan semakin maju. Dan menjadikan universitas yang lebih baik lagi..

Leave a Comment

Your email address will not be published.