Jakarta — Universitas Nasional (UNAS) menjadi tujuan utama kegiatan benchmarking yang diselenggarakan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III bersama 10 perguruan tinggi binaan yang berada dalam Tipologi IV. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya memperkuat kualitas tata kelola, sistem penjaminan mutu, serta penerapan Standar Nasional Pendidikan Tinggi di lingkungan perguruan tinggi binaan melalui pembelajaran langsung dari UNAS yang telah berada pada Tipologi I.
Kegiatan benchmarking ini diikuti oleh 10 perguruan tinggi, yaitu Sekolah Tinggi Media Komunikasi Trisakti, Universitas ASA Indonesia, Sekolah Tinggi Teknologi Pekerjaan Umum, Sekolah Tinggi Manajemen Risiko dan Asuransi, Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi Malahayati, Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia, STIBA LPI Indonesia, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Persada, Sekolah Tinggi Ilmu Maritim AMI, dan Universitas Mpu Tantular. Seluruh peserta hadir untuk mempelajari praktik baik UNAS dalam implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), tata kelola akademik, digitalisasi dokumen mutu, hingga strategi peningkatan mutu berkelanjutan.
Dalam sambutannya, perwakilan LLDikti Wilayah III menyampaikan bahwa UNAS dipilih sebagai model benchmarking karena keberhasilannya mencapai Tipologi I, sebuah kategori yang menunjukkan kematangan mutu dan tata kelola perguruan tinggi yang unggul. Melalui kegiatan ini, LLDikti berharap seluruh perguruan tinggi binaan dapat mengadopsi praktik baik yang relevan untuk meningkatkan kualitas masing-masing institusi.
UNAS memaparkan berbagai strategi penguatan mutu, mulai dari implementasi siklus PPEPP secara efektif, penguatan budaya mutu di tingkat fakultas dan program studi, serta sinergi antar unit dalam pengembangan kebijakan akademik dan nonakademik. Para peserta benchmarking juga berkesempatan melakukan diskusi interaktif, observasi lapangan, serta melihat langsung penggunaan sistem informasi mutu yang diterapkan di UNAS.
Kegiatan benchmarking ini diharapkan menjadi langkah strategis bagi perguruan tinggi Tipologi IV untuk mempercepat peningkatan kualitas institusi, sekaligus memperkuat kolaborasi antarperguruan tinggi di bawah naungan LLDikti Wilayah III. Melalui sinergi ini, diharapkan tercipta ekosistem pendidikan tinggi yang lebih unggul, adaptif, dan berkelanjutan.




