Persiapan untuk AMI, BPM Lakukan Persamaan Persepsi Auditor

Jakarta (Unas) – Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Nasional (Unas) lakukan persamaan persepsi dengan para auditor dalam rangka mempersiapkan Audit Mutu Internal (AMI), Senin (19/12) di Ruang Seminar Selasar lantai 3.  Kepala BPM Unas, Dr. Muhani, S.E., M. Si. M. mengatakan, kegiatan ini membahas mengenai Agenda AMI, runtutan AMI, serta pengguanan form dalam AMI kepada lead auditor dan anggota auditor.

“Diharapkan nanti para auditor sudah mempersiapkan datanya dengan baik sebelum AMI berlangsung. Kami juga memberikan pemahaman tentang format laporan AMI, serta pembagian tugas bagi lead auditor dan anggota auditor,” ujar Muhani dalam sambutannya.

Dalam paparan materinya, Kepala Bidang Evaluasi Capaian dan Pengembangan Standar Mutu BPM Unas, Mia Handini, S.T., MMSI mengatakan, adapun siklus AMI akan dimulai dari audit plan, pembukaan dan sosialisasi AMI, pengisian evaluasi diri auditee, audit dokuen, audit lapangan, laporan AMI, rapat tinjauan manajemen, laporan RTM dan RTL tingkat PT, serta laporan RTM dan RTL tingkat unit kerja.

“Dalam proses audit dokumen, lead auditor akan menerima dokumen ED Auditee untuk kemudian berkoordinasi dengan anggota tim tentang rencana kerja dan pembagian tugas. Lead auditor juga bertugas untuk memimpin tim audit dan melakukan pembagian kerja mulai dari AK, AL, hingga laporan AMI,” jelasnya.

Mia melanjutkan, selain itu, lead auditor betugas untuk memverifikasi kembali hasil audit dokumen yang sudah dilakukan oleh anggota auditor, memimpin dan mengarahkan kegiatan audit lapangan terutama saat sesi pertanyaan dan Daftar Tilik, melaporkan hasil audit lapangan ke Auditee perihal hasil temuan tindak lanjut, membuat laporan AMI, serta bertanggung jawab terhadap hasil.

“Sementara anggota auditor satu bertugas untuk melakukan verifikasi atas dokumen dan analisa, membantu lead auditor saat kegiatan audit lapangan, dan memeriksa ulang hasil audit lapangan pada kertas kerja auditor yang dilakukan oleh anggota auditor 2 untuk kemudian dibuat sebagai laporan temuan, hingga laporan tindak lanjut untuk auditee,” paparnya.

Di sisi lain, tugas anggota auditor dua yakni memastikan semua dokumen atau form yang dibutuhkan saat audit lapangan tersedia lengkap, mencatat hasil temuan saat audit lapangan di kertas kerja auditor, serta melaporan kertas kerja auditor ke anggota auditor satu untuk diperiksa dan diverifikasi kembali.

Ia menambahkan, adapun format laporan AMI yakni dimulai dari identifikasi laporan, dilanjutkan dengan maksud, tujuan dan ruang lingkup audit, rincian program audit, auditor, dan area audit, identifikasi dokumen referensi, daftar temuan, saran peningkatan mutu, serta kesimpulan audit. (NIS)

Source Sumber : Persiapan untuk AMI, BPM Lakukan Persamaan Persepsi Auditor

33 thoughts on “Persiapan untuk AMI, BPM Lakukan Persamaan Persepsi Auditor”

  1. Semua pihak berkerja sama dengan baik dalam rangka mempersiapkan Audit Mutu Internal (AMI), dan pastinya hasil nya juga akan sangat baik.

  2. Machmud Hadiprasetyo Hutomo

    semoga rangkaian Audit Mutu Internal (AMI) berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan

  3. Muhammad Rafli

    Semoga seluruh pihak yang terlibat berkontribusi dilancarkan dalam segala kegiatan audit. Dan memcapai segala tujuan yang di rencanakan. Aamiin

  4. Menurut saya melakukan diskusi terkait pemahaman pedoman penilaian AMI merupakan upaya yang baik seorang auditor untuk melakukan verifikasi atas dokumen dan analisa, membantu lead auditor saat kegiatan audit lapangan, dan memeriksa ulang hasil audit lapangan pada kertas kerja auditor yang dilakukan oleh anggota auditor 2 untuk kemudian dibuat sebagai laporan temuan, hingga laporan tindak lanjut untuk auditee,”

  5. Radju gittan

    melakukan verifikasi atas dokumen dan analisa, membantu lead auditor saat kegiatan audit lapangan, dan memeriksa ulang hasil audit lapangan pada kertas kerja auditor yang dilakukan oleh anggota auditor 2 untuk kemudian dibuat sebagai laporan temuan, hingga laporan tindak lanjut untuk auditee,” paparnya.

  6. ahmad farid

    sangat setuju dengan diadakannya diskusi ini yang bertujuan untuk melatih para auditor agar memiliki mutu

  7. Deny Andrean Arafad

    Keren sekali, Sukses selalu untuk UNAS yang semakin mengedepankan sistem pendidikan.

  8. putri mawaddaturahma

    kegiatan yang sangat penarik, semoga lancar dan sukses selalu untuk UNAS👍

  9. Wa Ode Sri Yeni

    Wahh keren sekali unas ,semoga kedepannya lebih berkembang lagi ,sukses selalu unas

  10. Muhammad Taufiqurrohman

    Pembahasan yang sangat bagus, dan menarik.

    Semoga sukses selalu untuk Unas

  11. melani syafina

    Menurut saya Universitas Nasional adalah Universitas yang sangat bagus untuk nilai sosial dan berkomunikasi nya sangat baik, pegawai dan orang”nya pun sangat ramah..

  12. Yosafat Reinpaldi

    Menurut saya bagus dengan ada nya diskusi seperti ini diharapkan tidak ada interpretasi seperti yang di ucapkan oleh Bu endah

  13. Enni Yustika

    Semangat BPM UNAS mempersiapkan Audit Mutu Internal, semoga diberikan kelancaran dan kesuksesan

  14. Kegiatan yang sangat positif, semoga membuahkan hasil yang berkualitas dan berdampak baik. Semangattt

  15. dwi aprillia

    Menurut sayaa sudah bagus dengan
    diadakannya bulan AMI ,dengan diraih nya
    kampus unas terakreditasi A.

Leave a Comment

Your email address will not be published.